-Berita-

Korpri Hadir untuk Negeri

Posted By UPTD Puskesmas Mamboro, 29 November 2021 | Berita | Dibaca 30 kali


Peringatan hari KORPRI  29 November tahun 2021 menjadi ajang instropeksi diri bagi para ASN untuk melihat seberapa besar kontribusinya terhadap Negeri.

UPTD Puskesmas Mamboro  sebagai sarana pelayanan kesehatan tingkat pertama yang melaksanakan fungsinya dalam pelayanan kesehatan masyarakat melalui Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan MAsyarakat (UKM). salah satu tugas poko dan fungsi puskesmas adalah melakukan upaya menurunkan Angka Kematian Ibu.  Berdasarkan data Sampling Registration System (SRS) tahun 2018, sekitar 76% kematian ibu terjadi di fase persalinan dan pasca persalinan dengan proporsi 24% terjadi saat hamil, 36% saat persalinan dan 40% pasca persalinan. Yang mana lebih dari 62% Kematian Ibu dan Bayi terjadi di rumah sakit. Artinya akses masyarakat mencapai fasilitas pelayanan kesehatan rujukan sudah cukup baik (kemenkes).

Tingginya kematian ini disebabkan oleh berbagai faktor risiko yang terjadi mulai dari fase sebelum hamil yaitu kondisi wanita usia subur yang anemia, kurang energi kalori, obesitas, mempunyai penyakit penyerta seperti tuberculosis dan lain-lain. Pada saat hamil ibu juga mengalami berbagai penyulit seperti hipertensi, perdarahan, anemia, diabetes, infeksi, penyakit jantung dan lain-lain. Dalam Temu media World Patient Safety Day Tahun 2021 disebutkan bahwa kesulitan yang terjadi pada kondisi hamil adalah: ibu hamil menderita anemia, mengalami kurang gizi, mengalami penyakit tekanan darah tinggi saat hamil. Inilah yang menyebabkan tingginya angka kematian ibu. penyebab kematian ibu ini harus di intervensi dengan tepat untuk mencegah terjadinya kematian ibu. upaya promotif dan preventif menjadi salah satu aspek layanan yang harus diperkuat di tingkat Puskesmas dan Jaringannya, termasuk peran lintas sector dalam mencegah terjadinya kasus kematian ibu. persalinan difasilitas kesehatan merupakan Upaya untuk menurunkan risiko kejadian keterlambatan penanganan dan keterlambatan rujukan pada ibu melahirkan.


Hari ini tepat di Hari KORPRI  telah lahir dengan selamat di Ruang Bersalin UPTD Puskesmas Mamboro seorang bayi dengan jenis kelamin Laki-laki, dengan Berat Badan 3.000 gram, Panjang Badan 49 cm.

Semangat Mengabdi Untuk Negeri.

Promosi Kesehatan UPTD Puskesmas Mamboro