-Berita-

PERESMIAN GEDUNG PSC 119 NAGASI PALU MANTAP BERGERAK KOTA PALU

Posted By Promkes Palu, 31 Desember 2021 | Berita | Dibaca 23 kali

Akses pelayanan kesehatan yang terjangkau dan bekualitas bagi masyarakat merupakan salah satu penguatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia. Salah satu penguatan akses pelayanan kesehatan adalah dengan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Teradu (SPGDT) yang bertujuan memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan di bidang SPGDT perpedoman pada respon cepat yang menekankan time saving is life yang melibatkan pelayanan oleh masyarakat, tenaga kesehatan, pelayanan ambulans gawat darurat dan sistem komunikasi.


Dalam rangka mewujudkan akses pelayanan kesehatan dalam penanganan korban/pasien gawat darurat, perlu adanya SPGDT yang dilakukan secara terpadu dan terintegrasi yang bertujuan memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan di bidang kesehatan.

Untuk mewujudkan Sistem Penangulangan Gawat Darurat Terpadu maka perlu di bentuk layanan emergensi medik 119 melalui National Command Center 119 dan Public Safety Center 119 yang terintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan dalam menyelenggarakan pelayanan kegawatdaruratan medis pra rumah sakit bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pusat pelayanan kesehatan terpadu yang disebut public safety center (PSC) 119 merupakan pusat layanan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan yang berada di Kota Palu yang merupakan ujung tombak pelayanan untuk mendapatkan respon cepat.



Untuk itu pemerintah Kota Palu membentuk Public Safety Center (PSC) 119 Nagasi Palu Mantap Bergerak yang merupakan bagian utama dari rangkaian kegiatan SPGDT pra-fasyankes yang berfungsi melakukan pelayanan kegawatdaruratan dan tindakan pertolongan pertama yang dapat menjamin respon cepat dan tepat untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan sebelum dirujuk ke fasyankes terdekat.

~ asw ~