-Artikel-

Amankah Vaksin COVID-19 Bagi Anak Usia 6 - 11 Tahun ?

Posted By UPTD Puskesmas Nosarara, 28 Januari 2022 | Artikel | Dibaca 182 kali

Terhitung sejak tanggal 19 Januari 2022, Pemerintah Kota Palu telah melakukan Launching Vaksinasi COVID-19 untuk usia 6 -11 tahun secara serempak di 14 Wilayah Kerja Puskesmas yang ada di Kota Palu, salah satunya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Nosarara yang dilakukan di SDN Inpres Palupi.

Namun semenjak vaksinasi COVID-19 bagi anak ini mulai dilaunching samapai saat ini masih banyak orang tua yang memiliki kekhawatiran akan keamanan vaksinasi yang akan diberikan kepada anak. Hal ini juga diperburuk dengan banyaknya berita hoaks yang tersebar melalui media sosial sehingga meningkatkan rasa khawatir dan keraguan bagi para orang tua.

Literasi sosial media yang baik oleh masyarakat yang didukung oleh edukasi dan hoax counter oleh pemerintah sangatlah berperan dalam upaya ini. BPOM sendiri sudah melakukan tahap uji yang ketat sehingga dapat mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) terhadap penggunaan vaksin jenis sinovac kepada anak usia 6-11 tahun sehingga vaksinasi COVID-19 kepada kelompok umur ini bisa dipastikan AMAN. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang ditimbulkan pun masuk dalam kategori ringan dan sedang sehingga manfaat yang diberikan akan sangat besar dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian pada kelompok usia 6-11 tahun akibat infeksi COVID-19.


Red : Mohammad Reza, S.KM

Promkes UPTD Puskesmas Nosarara