-Berita-

ORIENTASI PEMBERIAN MAKANAN BAYI DAN ANAK BAGI TP-PKK KOTA PALU

Posted By Dinkes Palu, 26 Juli 2022 | Berita | Dibaca 25 kali


Upaya perbaikan gizi masyarakat sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat, antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi serta kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi.


Fenomena  "gagal tumbuh" atau growth faltering pada anak Indonesia mulai terjadi pada usia 4-6 bulan ketika bayi diberi makanan selain ASI dan terus memburuk hingga usia 18-24 bulan.  Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan strategi Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) antara lain merekomendasikan standar Emas PMBA yakni melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD), memberikan ASI Ekslusif, memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI dan meneruskan pemberian ASI sampai berusia 2 tahun atau lebih, Peran PKK sangat penting dalam memberikan pendampingan dalam memberikan konseling, edukasi dan memantau pertumbuhan dan perkembangan Bumil, bayi dan anak terutama pada umur 0-24 bulan.


Pada Kegiatan Orientasi  PMBA (Pemberian Makanan Bayi dan Anak) yang dilaksanakan di Hotel Best Western Coco Palu, selasa, 26 Juli 2022. Yg di Ikuti ibu ibu PKK . ILham, S.Kep.M.Kes selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dalam sambuatannya berharap perlu adanya kesamaan pemahaman ttg standar emas PMBA : inisiasi menyusui dini/IMD, pemberian ASI ekslusif, dan makanan tambahan ASI/MP-ASI. dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan konseling dan edukasi praktik pemberian makanan untuk Bumil, Bayi dan anak usia 0-24 bulan. tekhnik menyusui, dan melakukan pemantauan pertumbuhan bagi bayi dan anak dalam rangka mencegah dan menurunkan Stunting di Kota Palu